Selasa, 21 Juni 2011

MASAKAN KHAS BANJARMASIN, "DAGING MASAK HABANG"

Di pusat kota Bajarmasin, anda dapat menjumpai menu Daging Masak Habang di beberapa kedai atau rumah makan.  Biasanya, ketika masyarakat Banjarmasin merayakan pesta pernikahan ataupun acara syukuran, masakan ini selalu menjad hidangan bagi para tamu undangan.
       
Potongan daging sapi yang disajikan bersama dengan bumbu berwarna merah menjadi ciri khas tersendiri dari menu Daging Masak Habang.  Dominan warna merah pada bumbu itu berasal dari cabe merah yang telah dihaluskan. Konon, dominan warna merah dari cabe merah itulah yang menjadi alasan, mengapa menu khas kota Banjarmasin ini diberi nama Daging Masak Habang. Dalam bahasa Banjarmasin, Habang berarti merah. 
       
 Kenikmatan rasa Daging Masak Habang dapat anda temukan mulai dari cicipan pertama.  Setiap potong dagingnya terasa lembut di lidah dan mudah untuk dicerna.  Kelembutan daging itu berasal dari cara masyarakat Banjarmasin memasaknya.  Sebelum dimasak bersama dengan bumbu, daging sapi itu dicampur dengan gula merah dan ditumis bersama dengan sedikit garam serta air asam.  Setelah tampak setengah matang, barulah daging sapi itu dimasak bersama dengan bumbu merah yang terdiri dari campuran cabe merah, bawang merah, tomat merah, serta jahe.  Setelah bumbu meresap dan daging tampak matang barulah masakan ini siap untuk disajikan. 
       
: Katanya, rahasia kenikmatan Daging Masak Habang berasal dari bumbu merahnya.  Bagi anda yang kurang begitu suka dengan selera pedas, jangan khawatir. Rasa bumbu Daging Masak Habang ini tidak terlalu pedas, meskipun warna bumbunya terlihat seperti warna cabe.  Karena, sebelum dihaluskan bersama dengan aneka bumbu lainnya, cabe merah itu terlebih dahulu dibersihkan dari bijinya dan direndam dengan air panas selama lebih kurang 30 menit hingga tampak mengembang.
       
Di kedai ataupun rumah makan di pusat kota Banjarmasin, seporsi Daging Masak Habang umumnya disajikan bersama dengan sepiring nasi putih ataupun beberapa potong ketupat.  Pendengar, apa anda mulai tertarik untuk mencoba cita rasa Daging Masak Habang khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini?

SUMBER : http://id.voi.co.id 

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites