Minggu, 05 Juni 2011

contoh presentasi Pembuatan Perusahaan Modal Ventura


LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN
Modal Ventura merupakan bentuk pembiayaan atau penyertaan modal yang bersifat sementara yang dilakukan oleh suatu perusahaan modal ventura ke dalam perusahaan pasangan usaha(PPU). Perkembangan Perusahaan Modal Ventura di dunia mulai terasa sejak tahun 1977 di Amerika Serikat dengan banyaknya pengusaha dan penemuan baru di bidang Teknologi Informasi dunia yang dibiayai oleh perusahaan modal ventura, dimana telah banyak menghasilkan tokoh-tokoh wiraswasta seperti Bill Gates pendiri Microsoft, Steve Jobs pendiri Apple Computer dan Robert Noyce pendiri Intel. Begitupun perkembangan perusahaan modal ventura di negara-negara Asia semakin terasa seperti di Malaysia, Korea Selatan dan Taiwan. Sedangkan di Indonesia pengaturan usaha dalam bentuk modal ventura mulai diatur berdasarkan Keputusan Presiden No. 61 tahun 1988.
kami mendirikan satu perusahaan modal ventura yang diberi nama PT. Sambora Ventura sebagai bentuk perwujudan dari filosofi PT. Sambora Ventura yaitu “Menjadi milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”, dengan turut membangun Ekonomi Indonesia melalui penyediaan fasilitas pembiayaan dan perkuatan modal ventura bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk tumbuh menjadi usaha yang maju, mandiri, modern dan tangguh.
Perusahaan PT. Sambora Ventura adalah sebuah lembaga keuangan non Bank yang bergerak pada bidang usaha pembiayaan modal ventura. Sejak awal perusahaan ini memiliki tujuan untuk merespon kebutuhan masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan fleksibel. PT. Sambora Ventura telah banyak menyalurkan pembiayaan kepada masyarakat, baik perseorangan maupun perusahaan-perusahaan (baik perusahaan perseorangan ataupun berbadan hukum).


APA ITU PERUSAHAAN MODAL VENTURA
Dalam melakukan suatu kegiatan invesatasi tidak semua investasi dapat dilakukan dengan mudah, karena hampir semua investasi mengandung suatu resiko kerugian. Bagi investasi yang memilki resiko rendah hampir semua investor ingin melakukannya. Akan tetapi jika investasi tesebut memiliki resiko tinggi, maka tidak mudah untuk mencari investor yang mau melakukannya.
Adalah perusahaan modal ventura yang berani melakukan investasi dimana investasi tersebut mengandung suatu resiko tinggi. Keputusan ini dibuat dengan berbagai pertimbangan tentunya dan hal ini sesuai pula dengan maksud dan tujuan didirikannya perusahaan modal ventura yaitu melakukan penanamana modal dalam suatu usaha yang mengandung resiko tinggi
Modal ventura adalah merupakan suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu. Pada umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai yang ditukan dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha. Investasi modal ventura ini biasanya memiliki suatu risiko yang tinggi namun memberikan imbal hasil yang tinggi pula. Kapitalis ventura atau dalam bahasa asing disebut venture capitalist (VC), adalah seorang investor yang berinvestasi pada perusahaan modal ventura. Dana ventura ini mengelola dana investasi dari pihak ketiga (investor) yang tujuan utamanya untuk melakukan investasi pada perusahaan yang memiliki risiko tinggi sehingga tidak memenuhi persyaratan standar sebagai perusahaan terbuka ataupun guna memperoleh modal pinjaman dari perbankan. Investasi modal ventura ini dapat juga mencakup pemberian bantuan manajerial dan teknikal. Kebanyakan dana ventura ini adalah berasal dari sekelompok investor yang mapan keuangannya, bank investasi, dan institusi keuangan lainnya yang melakukan pengumpulan dana ataupun kemitraan untuk tujuan investasi tersebut. Penyertaan modal yang dilakukan oleh modal ventura ini kebanyakan dilakukan terhadap perusahaan-perusahaan baru berdiri sehingga belum memilkii suatu riwayat operasionil yang dapat menjadi catatan guna memperoleh suatu pinjaman. Sebagai bentuk kewirausahaan, pemilik modal ventura biasanya memiliki hak suara sebagai penentu arah kebijakan perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.
Pengertian perusahaan modal ventura sesuai dengan keputusan Presiden Nomor 61 Tahun 1988 adalah “badan usaha yang melakukan suatu pemibayaan dalam bentuk penyertaan modal kedalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan.”


TUJUAN PENYERTAAN PERUSAHAAN MODAL VENTURA
Tujuan didirikannya perusahaan modal Ventura dalam hal ini termasuk PT. Sambora Ventura yaitu membiaya suatu usaha yang mengandung resiko tinggi. Tujuan ini tidak selamanya berdasarkan hanya kepada keuntungan semata, akan tetapi dapat pula hanya membantu pengembangan atau pendirian suatu perusahaan. Secra garis besar maksud dan tujuan pendirian Modal Ventura adalah:
1.      Untuk pengambangan suatu proyek tertentu, misalnya penelitian, dimana proyek ini biasanya tanpa memikirkan keuntungan semata, akan tetapi lebih bersifat pengembangan ilmu pengetahuan.
2.      Pengembangan suatu teknologi baru, atau pengembangan produk baru. Pembiayaan untuk usaha ini baru memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.
3.      Pengambilalihan kepemilikan suatu perusahaan. Tujuan pembiayan dengan mengambilaihkan kepemilikan usaha perusahaan lain lebih banyak diarahkan untuk mencari keuntungan.
4.      Kemitraan dalam rangka pengentasan kemiskinan, dengan tujuan untuk membantu para pengusaha lemah yang kekurangan modal akan tetapi tidak punya jaminan materil. Sehingga sulit memperoleh pinjaman. Dengan adanya penyertaan modal dari modal ventura akan dapat membantu menghadapi kesulitan keuangannya.
5.      Alih teknologi yang dilakukan ke perusahaan yang masih menggunakan teknologi lama, sehingga dapat meningkatkan kapasitas produksi dan mutu produknya.

1 komentar:

Nama saya Ny. Yanti Ari. Saya pemilik bisnis yang menjual kosmetik. Untuk beberapa saat, saya telah mencari pemberi pinjaman Pinjaman yang dapat saya pinjam untuk mengembangkan bisnis saya dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman internet begitu buruk dan saya kehilangan jumlah 28 juta karena saya mengajukan permohonan sebesar 600 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

jadi, suatu hari yang setia saya membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar oleh '' Dian Pelangi "perancang busana terkenal dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja.

Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Dian Pelangi perancang busana terkenal dan saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya kehilangan 28 juta dari pemberi pinjaman buruk padanya. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia mengatakan kepada saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. dia mengirimi saya nomor teleponnya dan saya memanggilnya untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia berbicara kepada saya dan berkata saya harus menghubungi perincian perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba membagikan kabar baik saya agar orang lain selamat dari pemberi pinjaman yang buruk.

Jadi saya menghubungi Ny. Ana Michael melalui email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)
Ini adalah email Dian Pelangi: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM) yang saya hubungi.
Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan semua yang diminta dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk tekanan.
jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya untuk siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap untuk membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

Nama: Yanti Ari
Nomor telepon saya: +62 821-1644-0184
Nomor Whatsapp: +62 821-1644-0184
Kota: Medan
Email saya: ARIY6261@GMAIL.COM

Saya berdoa semoga Allah memberi orang-orang yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya ini sehingga mereka dapat diselamatkan saat saya diselamatkan. Saya selalu siap memberikan bantuan kepada siapa pun yang membutuhkannya, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak membuat orang lain jatuh ke tangan pencuri !!!

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites