Minggu, 05 Juni 2011

8 Cara Supaya Otak Tetap Fokus dan Tajam

Banyak hal yang mempengaruhi anda sulit untuk konsentrasi dan fokus pada pekerjaan, seperti, stres, kurang tidur, dan pikiran banyak terbagi pada hal lain. Sebetulnya ada beberapa cara yang akan mengembalikan titik fokus anda supaya otak lebih tajam mengingat, seperti berolahraga secara rutin dan dan mengkonsumsi makanan seperti ikan. Hal yang terpenting tentu saja melatih otak supaya tetap tajam.

Sering merasa sulit untuk fokus terhadap kerjaan? Mungkin Anda tidak cukup berlatih dan mengonsumsi makanan sehat.

Jangan biarkan otak kehilangan ketajamannya dalam berpikir. Seperti yang dikutip dari Times of India, terdapat delapan tips yang dapat menajamkan kinerja otak. Apa saja?

1. Olahraga
Para ilmuwan mulai menemukan bahwa aerobik teratur merupakan hal yang paling penting untuk kesehatan jangka panjang otak. Berolahragalah minimal 30 menit setiap harinya, karena akan berdampak baik bagi kesehatan mental Anda.

2. Perhatikan diet
Diet terlalu ketat dapat membuat otak lemah dan mengakibatkan kerusakan jangka panjang. Terlalu sedikit kalori yang diserap juga dapat merusak fungsi otak. Banyak penelitian yang telah menghubungkan diet dengan gangguan, kebingungan dan penurunan daya ingat.

3. Menjaga kesehatan tubuh
Sebagian besar penyakit yang dapat dicegah, seperti diabetes, obesitas, dan hipertensi dapat mempengaruhi otak Anda. Masalah kesehatan yang luas telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penurunan kognitif dan gangguan memori.

4. Istirahat
Ketika Anda beristirahat dan bermimpi, beberapa ingatan akan muncul, sebagian hilang, dan sisanya akan tergabung dan disimpan. Bila kita tidak tidur maka akan sulit mengingat. Hal tersebut dinyatakan dalam sebuah studi baru yang menemukan bahwa protein membangun sinapsis pada susunan saraf yang membuat kita sulit untuk berpikir dan mengingat hal baru.

5. Minum kopi
Terdapat bukti yang mengatakan bahwa kopi dapat melindungi otak. Berdasarkan studi longitudinal besar, dua sampai empat gelas kopi sehari dapat mencegah penurunan kognitif normal dan juga mengurangi risiko terkena alzheimer sebanyak 30 sampai 60 persen.

6. Konsumsi ikan
Terdapat teori yang menyatakan bahwa mengonsumsi ikan untuk diet dapat menambah kognitif kita. Asam lemak alami seperti, omega 3, dapat meningkatkan fungsi dan kerja otak, salah satunya mengurangi depresi.

7. Santai
Stres dapat melelahkan otak dandapat menghapus kandungan dalam otak yang berfungsi menyimpan ingatan, hippocampus. Para ahli melihat bahwa dengan gaya hidup yang seimbang dan melakukan aktifitas rileks, seperti yoga, membuat kerajinan, dan bersosialisasi dapat mengurangi pengikisan ingatan.

8. Melatih otak
Walaupun sering mengisi teka-teki silang, sudoku dan permainan lain yang sejenis, otak belum terasah sepenuhnya. Kurangnya berpikir adalah salah satu indikasi kuat lemahnya kognitif. Jadi, semakin banyak berpikir, semakin baik kinerja otak di masa tua.

Sumber : wolipop.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites