Sabtu, 11 Juni 2011

4 Cara Kurangi Penggunaan Garam

 
MAKANAN terasa hambar jika dibuat tanpa garam. Tapi, banyak penggunaan garam yang terlalu banyak juga berakibat buruk bagi kesehatan. Lantas, bagaimana cara pemanfaatan yang bijak?

Kota New York membuat regulasi makanan dengan sangat ketat. Setelah sebelumnya mengatur trans lemak pada makanan hingga mengharuskan restoran untuk mengurangi jumlah kalori dalam menu mereka, kini ada peraturan baru.

New York Health Department (NYHD) membuat panduan bagi para pemilik pabrik makanan dan restoran untuk mengurangi jumlah sodium dalam produksi dan menu mereka. Diharapkan dalam lima tahun ke depan, bisa tercapai pengurangan jumlah garam dalam produk kemasan dan restoran sebesar 20 persen.

Tentu ini ide yang sangat baik, sebab kebanyakan warga Amerika mengonsumsi dua kali lebih besar dari jumlah sodium yang disarankan, yakni 2.300 mg per hari. Jumlah tersebut setara dengan 1 sdt garam meja. Padahal, mengurangi pemasukan sodium memotong risiko penyakit kardiovaskular sebesar 25-30 persen, menurut sebuah kajian yang telah dipublikasikan the British Medical Journal.

“Kebanyakan sodium yang kita makan terdapat dalam makanan kemasan dan cepat saji,” kata Darwin R Labarthe MD MPH PhD, Direktur CDC’s Division for Heart Disease and Stroke Prevention.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah perhatikan tabel jumlah sodium yang tercantum pada kemasan makanan. Selanjutnya, berikut empat cara mudah mengurangi penggunaan sodium demi kesehatan Anda, seperti dikutip Eatingwell.

Tambahkan garam sesaat sebelum makanan siap dihidangkan


Aturannya, Anda jangan menambahkan garam saat air (masakan) tengah mendidih. Lebih baik menambahkan garam saat makanan siap dihidangkan. Jika diberikan sesaat sebelum dihidangkan, Anda bisa mencicipi rasa asinnya dengan lebih kuat. Kemudian, berikan sedikit garam dengan memercikannya dengan ujung jari-jemari Anda.

Gunakan garam laut


Meski tiap gram garam laut mengandung sodium sebanyak garam meja, kristal pada garam laut punya cita rasa asin yang kuat dan unik karena diperoleh dari berbagai sumber laut. Jadi, Anda bisa menggunakan lebih sedikit garam untuk mendapatkan rasa asin yang sama.

Gunakan bahan makanan segar sebisa mungkin


Anda akan menyelamatkan tubuh dari sekian miligram sodium dengan membuat saus dan sop sendiri. Rebus buncis hingga cukup lunak tentu tak akan memakan waktu lama daripada menambah pemasukan sodium dalam tubuh lewat buncis beku kalengan, misalnya.

Gunakan makanan kalengan sebijak mungkin


Makanan beku lebih baik daripada makanan kalengan. Jika tidak memungkinkan, cari makanan kalengan dengan jumlah sodium lebih sedikit.

Cuci bahan makanan beku hingga bersih sebelum digunakan. Ini sekaligus membersihkan garam yang menempel.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites